Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Tips Mempertahankan Ketahanan Baterai HP Android Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Jakarta, CNBC Indonesia – Masalah yang sering dihadapi pengguna smartphone salah satunya adalah baterai habis. Di tengah perjalanan mudik, penting untuk mengelola baterai smartphone agar tidak kehabisan daya saat berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk pengisian ulang.

Ada beberapa cara mudah yang dapat membantu membuat baterai awet hingga berjam-jam. Anda tidak perlu terus-menerus mengisi baterai HP. Berikut adalah ulasannya:

1. Matikan Always-on Display
Layar adalah salah satu bagian yang paling banyak menguras daya, termasuk penggunaan layar ‘always on’ yang menampilkan informasi tanpa harus menyala penuh. Fitur ini dapat membuat baterai terkuras sebesar 1,5% per jamnya. Sebaiknya nonaktifkan fitur ini untuk menghemat baterai. Cara mematikannya adalah dengan masuk ke Pengaturan > Tampilan dan Kecerahan > matikan ‘always on’.

2. Aktifkan Kecerahan Adaptif
Pengaturan ini juga dapat membuat baterai lebih awet. Kewin Charron dari BackMarket menjelaskan bahwa dengan mengurangi kecerahan hingga 50% dapat memperpanjang masa pakai baterai. Juga disarankan untuk tidak memaksakan melihat layar dalam kondisi cahaya yang redup. Cara mengatur kecerahan adalah dengan membuka Pengaturan > Tampilan > aktifkan Kecerahan Otomatis atau Kecerahan Adaptif.

3. Gunakan Wifi sebagai Pengganti GPS
Anda dapat menggunakan Wifi dan Bluetooth sebagai alternatif untuk menentukan lokasi, sehingga tidak selalu mengandalkan GPS yang diketahui dapat menguras baterai. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan Mode Hemat Baterai sehingga HP akan beralih ke mode gelap secara otomatis. Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka Pengaturan > Baterai > Hemat Baterai.

4. Gunakan Baterai Adaptif
Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mempengaruhi masa pakai baterai. Sebaiknya nonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan. Selain itu, dengan mengaktifkan baterai adaptif, baterai akan dioptimalkan sesuai dengan penggunaan ponsel dan aplikasi. Cara mengaktifkannya adalah dengan masuk ke Pengaturan > Baterai > Baterai Adaptif.

5. Jaga Baterai Agar Tidak Habis dan Overcharge
Kebiasaan menguras baterai sampai ponsel mati atau terus-menerus mengisi daya juga tidak baik. Hal ini dapat membuat masa pakai baterai berkurang dengan cepat. Usahakan untuk menjaga level baterai antara 20-80% dan aktifkan fitur perawatan baterai dengan cara masuk ke Pengaturan > Baterai > aktifkan perawatan baterai.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya:
Google Hapus Chrome di HP Android, Waktunya Beli Baru!

(mkh/mkh)