Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

NASA Mengungkap Rahasia Bumi Tampak Gelap Gulita dari Antariksa

Astronot NASA berhasil mengabadikan momen langka saat gerhana matahari total terjadi di Amerika Serikat pada 8 April 2024. Dua astronot, yaitu Matthew Dominick dan Jeanette Epps, yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berhasil memotret dan merekam detik-detik peristiwa bulan menutupi matahari.

Umbra bulan terlihat bergerak dari New York menuju Newfoundland dan Labrador di Kanada. Saat gerhana terjadi, ISS berada di orbit di ketinggian 260 mil bagian tenggara Kanada. Foto dan video itu diambil melalui jendela kubah ISS, yang dikenal sebagai ‘jendela dunia’.

Proses dokumentasi gerhana matahari ini menjadi penting karena kejadian tersebut sangat langka dan disambut antusias oleh masyarakat Amerika Utara. Ketika sinar matahari terhalang bulan, obyek angkasa yang sulit dilihat menjadi lebih terang.

Selama gerhana total terjadi, langit menjadi gelap dan planet Venus muncul di salah satu sisi Matahari, disusul oleh planet Jupiter di sisi lain. Jika Komet Pons-Brooks cukup terang, akan terlihat berada di antara Jupiter dan Matahari.

Referensi:
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220403124604-37-312099/astronot-nasa-sukses-abadikan-fenomena-gerhana-matahari-total