Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Apple Meniru Samsung, iPhone 16 Menjadi Semakin Mirip Ponsel Android

Setelah kalah jauh dari produsen HP Android, Apple akhirnya siap mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) di iPhone generasi berikutnya. CEO Apple Tim Cook telah mengumumkan rencana investasi besar-besaran dalam teknologi AI. Kabarnya, Apple telah berbicara dengan beberapa perusahaan AI, salah satunya OpenAI. Apple diprediksi akan memperkenalkan kemampuan AI melalui sistem operasi iOS 18 yang dijadwalkan diluncurkan bulan depan dalam acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC).

Agaknya, Apple akan menghadirkan fitur AI berbasis large language model (LLM) miliknya, mirip dengan ChatGPT. Fitur ini kemungkinan akan ditanamkan pada asisten digital Siri. Siri yang dilengkapi dengan LLM diharapkan dapat lebih cerdas dan fleksibel dalam membantu pengguna menyelesaikan tugas. Selain itu, LLM Apple menawarkan keunggulan dalam hal privasi dibandingkan dengan buatan Google.

Apple dikenal sebagai perusahaan yang menjaga privasi pengguna. LLM Apple akan berjalan langsung pada perangkat iPhone tanpa disimpan di cloud. Pelatihan AI ini juga lebih personal berdasarkan interaksi setiap pengguna iPhone dengan Siri. Para peneliti Apple baru-baru ini merilis dokumen yang merinci cara menjalankan LLM secara efisien langsung di ponsel pengguna.

Jika teknologi ini berhasil diimplementasikan secara komersial, pengguna tidak perlu khawatir tentang kebocoran informasi karena Apple sendiri tidak dapat mengaksesnya. Selain pada fitur Siri, AI Apple juga akan tertanam pada berbagai aplikasi bawaan iPhone seperti Apple Music, Keynote, Apple Maps, Apple Photos, dan lainnya.

Bocoran mengenai kemampuan AI pada iPhone generasi berikutnya belum dikonfirmasi oleh Apple. Rincian akan lebih jelas saat Apple memperkenalkan iOS 18 bulan depan. Kita tunggu saja perkembangannya!