Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Apa yang Terjadi Ketika Elon Musk Bergabung dengan Bos Microsoft dan CEO Apple di Indonesia?

Elon Musk dijadwalkan akan datang ke Indonesia dalam gelaran World Water Forum (WWF) 2024 di Bali. Pengusaha itu akan meresmikan salah satu layanan miliknya, Starlink yang beroperasi di Indonesia.

“Elon Musk juga akan turut berbicara pada pembukaan World Water Forum ke-10 di Bali,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebagai informasi, WWF akan diselenggarakan pada 18-24 Mei mendatang. Peresmian Starlink disebut juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kedatangan Musk kali ini menyusul dua bos raksasa teknologi yang telah datang ke Indonesia sebelumnya. Tim Cook dari Apple dan Satya Nadella dari Microsoft mendatangi Indonesia bulan lalu dan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, Musk pernah dikabarkan akan datang ke Indonesia. Termasuk saat gelaran B20 Summit yang masuk dalam rangkaian G20 di Bali yang diadakan tahun 2022.

Dia batal hadir secara fisik dalam acara tersebut. Namun tetap menghadiri secara virtual melalui sambungan video call.

Sementara itu, Starlink diketahui telah mengantongi dua izin operasional di Indonesia. Yakni untuk VSAT dan penyedia jasa internet (ISP) untuk konsumen secara ritel.

Starlink juga telah melakukan ujicoba dan melalui tahapan Uji Laik Operasi (ULO). Rencananya layanan internet berbasis satelit itu diuji coba di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada pertengahan Mei 2024.

Beberapa pengguna dilaporkan telah menggunakan layanan ini. Sementara itu informasi terkait entitas Starlink di tanah air, PT Starlink Indonesia masih sangat terbatas hingga kini.

CEO Apple Tim Cook lebih dulu menyambangi Indonesia untuk membahas investasi di Tanah Air pada 17 April 2024.

Apple berkomitmen menggelontorkan investasi dengan nilai total Rp 1,6 triliun untuk membangun fasilitas pendidikan ‘Apple Developer Academy’.

Sejauh ini sudah ada 3 Apple Developer Academy yang tersebar di beberapa kota, yakni Batam, Tangerang Selatan, dan Surabaya dengan nilai Rp 1,4 triliun.

Selanjutnya, Apple juga akan membuka fasilitas baru di Bali yang merampungkan nilai investasinya menjadi Rp 1,6 triliun.

Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa harapan investasi lain dari Apple di Indonesia. Antara lain soal inovasi center, membantu pembangunan smart city di IKN, hingga bekerja sama dalam bentuk business matching dengan vendor lokal untuk proses manufaktur iPhone.

Nvidia dikabarkan akan berinvestasi di Indonesia dengan membangun pusat kecerdasan buatan (AI) di Solo, Jawa Tengah, senilai US$200 juta (Rp 3 triliun).

Raksasa chipset Amerika ini akan bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi Indonesia PT Indosat Ooredoo Hutchison.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan AI center dapat terdiri dari infrastruktur telekomunikasi atau pusat sumber daya manusia dan akan berlokasi di Solo.

Sementara Microsoft diketahui mengucurkan US$1,7 miliar atau Rp 27,6 triliun. Dia mengungkapkan dana tersebut untuk Cloud dan juga teknologi AI, namun detail investasi akan dijelaskan di kemudian hari.

“Soal detilnya untuk apa, nanti. Opportunity-nya di Indonesia banyak,” ucap Budi.

Yang jelas, selain membangun infrastruktur cloud AI, Microsoft juga ingin mencetak 840.000 talenta digital AI di Indonesia dalam 4 tahun ke depan.

Rencana investasi Microsoft juga sempat terdengar pada 2020 lalu. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jumlahnya mencapai US$1 miliar untuk membuat data center di Indonesia.

“Tadi dengan Microsoft pagi-pagi. Mereka sangat berminat lagi bikin data center di Indonesia,” ujarnya, pada Januari 2020.