Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Starlink Elon Musk Ternyata Mengalami Kendala saat Berusaha Memasuki RI

Starlink Elon Musk Ternyata Mengalami Kendala saat Berusaha Memasuki RI

Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan penyedia layanan jaringan internet milik Elon Musk, Starlink kini sudah resmi hadir di Indonesia. Masuknya Starlink ke Indonesia bahkan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Layanan internet Starlink digadang-gadang memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya mampu menjangkau daerah terpencil. Jangkauan yang lebih luas dari Starlink dimungkinkan karena perusahaan ini menggunakan teknologi satelit orbit rendah bumi atau low earth orbit (LEO) untuk memancarkan sinyal internet.

Namun di balik kelebihan tersebut, layanan Starlink ternyata juga memiliki sejumlah kelemahan. Dikutip dari Tech Target, berikut ini merupakan sejumlah kondisi yang menjadi kelemahan dari Starlink.

Cuaca Mendung

Cuaca mendung atau berawan memang tidak akan mempengaruhi kinerja internet Starlink. Namun, jika terjadi awan badai akan mempengaruhi sinyal, karena cenderung menimbulkan hujan yang dapat menyebabkan gangguan.

Awan badai juga bersifat lebih lembab dan padat, sehingga berperan besar dalam degradasi sinyal satelit.

Parabola Starlink. (Sosial Media X @Starlink)Foto: Parabola Starlink. (Sosial Media X @Starlink)
Parabola Starlink. (Sosial Media X @Starlink)

Hujan

Jika terjadi hujan ringan, umumnya tidak menimbulkan masalah pada layanan Starlink. Namun, hujan dengan intensitas deras dapat mempengaruhi kualitas sinyal Starlink.

Hujan deras dikaitkan dengan awan tebal dan lebat. Makin tebal awannya, makin tinggi kemungkinan sinyal radio yang datang ke dan dari satelit Starlink terhalang.

Angin

Piringan atau antena Starlink yang terpasang dengan benar tidak akan terpengaruh oleh angin kencang. Parabola Starlink dilengkapi dengan antena array bertahap yang dapat melacak satelit yang terbang di atas tanpa perlu bergerak secara fisik. Ini juga membantu mencegah gangguan sinyal.

Kabut

Kabut normal tidak mempengaruhi sinyal Starlink. Akan tetapi, jika terjadi kabut tebal, sinyal bisa terganggu dan hilang. Kabut tebal membawa banyak kelembaban dan cukup tebal sehingga mengganggu sinyal.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Elon Musk Beri Pesan ke Telkomsel, Indosat, XL & Smartfren, Ini Isinya

(rsa/wur)