Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Penjelasan tentang Cahaya Misterius Isaribi Kochu di Langit Jepang

Beberapa waktu lalu, dunia maya dihebohkan dengan munculnya sembilan garis atau pilar cahaya misterius di langit malam Jepang. Foto-foto tersebut diambil di atas langit kota pesisir Daisen di prefektur Tottori, Jepang, dan viral dengan ditonton lebih dari 12 juta kali. Pengguna lain juga ada yang membagikan foto serupa, kali ini berada di atas Pantai Nariishi di Kota Kotoura.

Maashii, orang yang mengunggah foto pertama cahaya misterius itu pertama kali mengatakan kepada media Jepang Hint-Pot bahwa dia hanya melihat jenis lampu misterius ini tiga atau empat kali sejak dia pindah ke Daisen sembilan tahun lalu. Ia mengaku melihat cahaya itu pada jam 10 malam 11 Mei, saat itu dia segera mengeluarkan ponselnya dan mengambil beberapa gambar.

Ketika foto-foto itu viral beredar di platform media sosial, banyak orang berspekulasi bahwa cahaya tersebut adalah tanda-tanda kedatangan alien, penampakan malaikat, atau sinyal bahwa kekuatan luar planet akan menyerang Bumi. Banyak orang juga bercanda bahwa tampaknya beberapa serial manga fiksi ilmiah akan menjadi hidup.

Namun, kenyataan di balik cahaya ini tidak kalah menakjubkannya dengan teori konspirasi. Menurut artikel tahun 2015 di Japan Today, banyak kota pesisir di Jepang yang mengalami kemunculan “pilar cahaya” serupa. Hal ini terjadi ketika suhu malam hari turun dan uap air di udara membentuk garis kristal es.

Pada kesempatan yang langka, dalam kondisi cuaca tertentu membuat kristal terbentuk, tetapi tidak terjadi curah hujan. Akibatnya, kristal-kristal tersebut melayang di udara. Cahaya dari kapal pengangkut menghantam kristal-kristal ini, yang pada gilirannya memantulkan cahaya dan bersinar terang seolah-olah itu adalah batang cahaya.

Fenomena ini disebut “isaribi kochu” yang artinya “pilar cahaya yang menarik ikan”. Namun, jarang sekali bisa menemukan isaribi kochu ini. Menurut Japan Today, bahkan staf mercusuar hanya bisa menyaksikannya setahun sekali.

Fenomena cahaya misterius seperti ini tidak hanya terjadi di Jepang. Pada November tahun lalu, berkas cahaya muncul di banyak wilayah Alberta di Kanada. Michael Kavulich, ilmuwan di Pusat Penelitian Atmosfer Nasional, mengatakan bahwa pilar cahaya terbentuk dalam kondisi yang sangat tenang, kristal es di awan menjadi seperti cermin dan memantulkan cahaya yang bersinar dari tanah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penyebab munculnya pilar cahaya misterius ini bukan bersifat supranatural, melainkan masih merupakan akibat dari kejadian alam yang unik dan langka.

Exit mobile version