Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Jokowi Memberi Peringatan tentang Dampak Disrupsi Teknologi: Mulai dari Kecerdasan Buatan Hingga Singularity

Presiden Joko Widodo menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-52 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/6/2024). Dalam kesempatan itu, Jokowi bicara soal disrupsi teknologi.

Menurut Jokowi, semua pihak harus mencermati dampak disrupsi teknologi, utamanya dengan perkembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), generative AI, hingga singularity technolgy. “Barang-barang apa ini dan akan menyebabkan apa di negara kita, harus betul-betul dilihat dan dicermati. Jangan sampai kita keliru mengantisipasi disrupsi teknologi,” katanya.

Jokowi menilai Hipmi sudah terbiasa karena seluruh anggota himpunan merupakan generasi digital. Hal itu berbeda dengan Jokowi yang tumbuh di generasi analog. “Perbedaannya sudah jauh sekali, menghadapi AI, menghadapi generative AI, menghadapi singularity technology, saya rasa rekan Hipmi sudah biasa,” ujarnya.

Lebih lanjut, eks gubernur DKI Jakarta itu bilang disrupsi teknologi menyebabkan perubahan-perubahan yang turut mengubah lanskap geopolitik hingga ekonomi. “Perubahan-perubahan itu juga akan memengaruhi negara kita, baik itu perilaku, baik itu selera, baik itu tren warna budaya. Semua lanskap bisnis, lanskap ekonomi berubah semuanya, dan yang paling cepat menyesuaikan diri itu biasanya anak-anak muda dan itu semuanya ada di Hipmi,” kata Jokowi.