Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Tanda-tanda Alien Ditemukan di Luar Bumi, Kata Peneliti

Tanda-tanda Alien Ditemukan di Luar Bumi, Kata Peneliti

Jakarta, CNBC Indonesia – Para peneliti terus mencari tanda-tanda kehidupan lain yang lebih cerdas dari manusia di luar angkasa. Ternyata ada sebuah studi baru menunjukkan bahwa manusia mungkin tidak sendirian.

Teorinya adanya kehidupan cerdas yang unggul itu tentu bisa menciptakan bangunan atau perangkat untuk memanfaatkan energi di sekitar bintang atau planet. Dalam hal ini para peneliti itu menyebutnya dengan sebutan ‘megastruktur alien’.

Menurut News Nation Now, ada sebuah studi baru yang dirilis oleh Royal Astronomical Society yang secara khusus membahas teori seputar bola Dyson atau Dyson Spheres. Dijelaskan bahwa ditemukan setidaknya ada tujuh bintang yang mengelilingi struktur alien.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Para peneliti mengamati dengan panas inframerah di dekat bintang-bintang yang berjarak 1.000 tahun cahaya dari bumi. Terlihat sebuah tipe panas yang tidak dapat dijelaskan.

Hal ini bermula dari teori seorang fisikawan Freeman Dyson pada tahun 1960-an yang percaya bahwa struktur itu ada. Bahwa para ilmuwan di bumi mungkin dapat menangkap gelombang inframerah yang aneh.

Foto: Jasad makhluk ‘bukan manusia’ yang diduga alien diperlihatkan saat sidang kongres di Mexico City, Selasa (12/9/2023) waktu setempat. (REUTERS/Henry Romero)
Jasad makhluk ‘bukan manusia’ yang diduga alien diperlihatkan saat sidang kongres di Mexico City, Selasa (12/9/2023) waktu setempat. (REUTERS/Henry Romero)

Jadi mungkinkah bola Dyson itu alien?

Profesor Astronomi dan Fisika di Barnard College dan Universitas Columbia Janna Levin meragukan kemungkinan asal usul alien dari apa yang diamati oleh para peneliti ini.

“Menurut saya, saya sangat berpikiran terbuka. Saya tidak akan berhenti tidur karena gagasan bahwa kita sedang mengamati megastruktur asing. Saya rasa bukan itu yang terjadi dalam skenario ini,” kata Janna dikutip, Senin (18/6/2024).

Menurut Janna saat ini peneliti melihat bahwa, kita berada di era baru dalam hal pemahaman tentang seberapa lazimnya planet dan bagaimana planet benar-benar produktif di alam semesta.

“Itu benar-benar menunjukkan bahwa hidup ini produktif. Pertanyaannya apakah kehidupan dapat dengan mudah mencapai fase industrialisasi dan membangun serta menjelajahi ruang angkasa. Itu batasan yang sulit untuk dilewati,” katanya.

Sampai saat ini memang belum ada bukti konkret yang dapat menentukan apa yang terjadi di sekitar bintang-bintang itu. Tim peneliti hanya mendapatkan tanda-tanda baru melalui dua teleskop aktif di luar angkasa untuk melakukan penelitian mereka.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ilmuwan Keringat Dingin Terima Sinyal Berulang dari Alien

(emy/wur)


Exit mobile version