Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Huawei mengungkap bukti bahwa Amerika kalah telak dari China

Huawei menyatakan bahwa teknologi Amerika Serikat (AS) tertinggal jauh dari China. Perusahaan tersebut mengklaim mampu mengembangkan inovasi, mulai dari sistem operasi hingga kecerdasan buatan (AI) dalam waktu singkat. Huawei menyatakan bahwa perusahaan membutuhkan waktu 10 tahun untuk menciptakan inovasi teknologi tersebut, sedangkan AS dan Eropa kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama sekitar 30 tahun.

Direktur Consumer Business Group Huawei, Richard Yu, dalam konferensi developer di Dongguan, China, mengumumkan bahwa pengguna sistem operasi HarmonyOS sudah mencapai 900 juta. HarmonyOS dikembangkan saat AS menghentikan akses Huawei ke sistem operasi Android milik Google.

Huawei juga menyatakan bahwa unit AI perusahaannya yang dinamai Ascend sekarang menjadi perusahaan paling berkuasa kedua di China setelah Nvidia, perusahaan asal AS yang mendominasi pasar chip AI secara global. Yu mengemukakan bahwa Huawei memiliki peluang besar untuk mengalahkan Eropa dan AS dalam era internet of things (IoT).

Pada kuartal pertama 2024, HarmonyOS sudah mengalahkan sistem operasi iOS milik Apple di China dan menjadi sistem operasi dengan pangsa pasar kedua terbesar setelah Android. Pangsa pasar HarmonyOS mencapai 17% menurut laporan firma riset Counterpoint.

Exit mobile version