Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Balon Udara Mengudara Hingga Mencapai Luar Angkasa, Menakjubkan!

Pesawat luar angkasa komersial semakin umum saat ini. Banyak perusahaan seperti SpaceX, Blue Origin, dan Virgin Galactic yang menyediakan layanan penerbangan luar angkasa selama beberapa tahun terakhir.

Tidak hanya dengan pesawat luar angkasa, saat ini ada tiga startup yang menyediakan layanan perjalanan ke antariksa menggunakan balon udara. Mereka adalah Zephalto berbasis di Perancis, Space Perspective berbasis di Florida, dan World View berbasis di Arizona.

Ketiga startup tersebut bertujuan membawa wisatawan ke stratosfer menggunakan kapsul tekanan tinggi dan balon udara besar berisi gas.

“Kapsul itu dirancang untuk membawa delapan orang dan dua awak ke stratosfer,” kata Ryan Hartman, CEO World View, seperti dilansir dari CNBC International, Senin (15/7/2024).

Perjalanan balon akan berlangsung sekitar 6 jam, namun tidak akan membawa penumpang sampai ke luar angkasa. Mayoritas penumpang akan mencapai ketinggian 24 hingga 30 kilometer di atas permukaan bumi, terbang di wilayah yang disebut stratosfer.

Jane Poynter, pendiri dan co-CEO Space Perspective, memiliki pandangan berbeda.

“Tidak ada definisi universal tentang ruang angkasa. Kami diatur sebagai pesawat luar angkasa. Jika kita terbang lebih dari 98.000 kaki, kita dianggap sebagai pesawat luar angkasa,” kata Poynter.

“Diluar kapsul terdapat ruang hampa. Kita berada di atas 99% atmosfer bumi, itulah sebabnya langit sangat hitam pekat,” tambahnya.

Dibandingkan dengan wisata luar angkasa bertenaga roket, sensasi fisik yang dirasakan penumpang saat menaiki balon stratosfer lebih sebanding dengan saat berada di dalam pesawat terbang. Penumpang tidak akan mengalami keadaan tanpa bobot.

“Kami tidak memerlukan persyaratan fisik apa pun untuk menaiki balon tersebut,” kata Vincent Farret d’Astiès, pendiri dan kepala pilot di Zephalto. “Jika Anda bisa naik pesawat standar, Anda bisa naik balon.”

Ketiga perusahaan tersebut mengatakan kepada CNBC International bahwa mereka senang dengan minat konsumen terhadap layanan yang mereka tawarkan.

World View mengatakan telah menjual 1.250 tiket sementara Space Perspective telah menjual 1.800 tiket. Zephalto tidak memberikan informasi mengenai jumlah tiket yang terjual, namun menyatakan bahwa penerbangan awalnya sudah dipesan penuh.

Harga tiket berkisar dari US$50.000 per kursi dengan World View hingga sekitar US$184.000 dengan Zephalto. Space Perspective menjual tiket pengalaman ini seharga US$125.000 per kursi. Itu semua dengan asumsi layanan komersial mulai beroperasi.

Hanya Zephalto yang telah melakukan uji coba berawak sejauh ini, meskipun belum mencapai target ketinggian sekitar 24 kilometer di atas permukaan bumi.