Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Bagaimana Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Telah Terhapus Permanen di HP Android

WhatsApp memberikan pengguna kemampuan untuk menghapus chat. Fitur Delete Messages memastikan pesan yang terkirim akan hilang. Fitur itu juga bisa menghapus chat baik bagi pengirim saja atau semua yang ada di dalam ruang chat. Anda tinggal memilih hapus untuk saya atau hapus untuk semua. Tapi terkadang kita tidak sengaja menghapus chat tersebut, padahal mungkin saja chat itu harusnya tidak dihapus. Ada beberapa cara untuk mengembalikan chat yang terhapus. Simak caranya berikut ini:
Batalkan Hapus Pesan
Satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurungkan atau membatalkan fitur itu. Selain fitur menghapus, WhatsApp juga menghadirkan fitur mengembalikan chat yang tidak sengaja dihapus. Namun kemampuan ini hanya bisa dilakukan jika menghapus pesan untuk pengirim saja. Setelah klik ‘hapus untuk saya’, Anda akan melihat opsi mengembalikan atau ‘undo’ untuk mengembalikannya. Klik tombol itu, dan pesan yang tadinya terhapus akan kembali lagi. Perlu diingat, kemampuan ini hanya bisa dilakukan beberapa detik saja setelah menggunakan fitur hapus chat digunakan.
Google Drive
Anda juga mengembalikan pesan menggunakan Google Drive. Layanan tersebut akan memulihkan chat melalui cadangan yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi pastikan sudah membuat cadangan chat di Google Drive untuk bisa melakukannya. Berikut cara mengembalikan chat melalui Google Drive:
Hapus aplikasi WhatsApp
Install ulang dengan mengunduhnya melalui toko aplikasi resmi
Login akun dan selesaikan proses verifikasi akun
Setelah itu, akan muncul opsi memulihkan data dari Google Drive
Klik menu pulihkan data
Tekan opsi Lanjut dan seluruh chat yang terhapus akan muncul lagi

(dem/dem)