Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Nasib Astronaut Tidak Pasti Kapan Bisa Kembali ke Bumi karena Masalah Boeing

Dua astronaut NASA, Sunita Williams dan Butch Wilmore masih tertahan di Stasiun Luar Angkasa Internasional karena pesawat yang membawa mereka, Boeing Starliner mengalami gangguan. Pada awal Juni, lima dari 28 pendorong sistem kendali reaksi Starliner mati mendadak saat akan merapat ke ISS. Meskipun empat pendorong berhasil dinyalakan kembali, NASA ingin memastikan penyebab gangguan tersebut sebelum membawa pulang kedua astronaut tersebut.

NASA telah melakukan pengujian pada hardware Starliner dan memeriksa kebocoran helium. Mereka berfokus untuk membawa pulang Williams dan Wilmore dengan aman menggunakan Starliner. Tim NASA berencana untuk menyalakan pendorong untuk mendapatkan lebih banyak data, namun pertemuan untuk meninjau proses undocking mungkin akan dilakukan beberapa hari ke depan.

Salah satu temuan yang ditemukan adalah perbedaan cara menembakkan pendorong yang menyebabkan dua seger internal menurun secara berbeda. Semua temuan dan hasil pengujian akan dilaporkan pada NASA dalam waktu dekat. Jika Starliner tidak dapat digunakan, NASA memiliki rencana cadangan untuk membawa pulang kedua astronaut menggunakan kapsul SpaceX.

Namun, rencana tersebut belum pasti dilaksanakan karena Starliner masih mampu bertahan hingga setidaknya bulan September berkat daya tahan baterainya. NASA akan terus mempelajari data dengan cermat dan pulang saat mereka sudah siap.

Exit mobile version