Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Google Diserang dengan Serius, Ini Peringatan untuk Perusahaan Lain seperti Apple

Pengadilan Amerika Serikat (AS) telah memutuskan bahwa Google secara ilegal memonopoli pencarian di internet. Selain itu, Google juga dituduh menyembunyikan bukti-bukti penting dalam kasus anti-monopoli.

Hal ini menjadi peringatan bagi perusahaan teknologi lain seperti Apple, Meta, dan Amazon, mengenai pentingnya pengamanan data selama proses peradilan.

Hakim Pengadilan Distrik AS Amit Mehta di Washington DC mengkritik Google karena gagal menjaga obrolan internal dan menyalahgunakan perlindungan komunikasi hukum.

Meskipun demikian, hakim tidak memberikan sanksi resmi kepada Google. Departemen Kehakiman AS telah meminta Mehta untuk memberikan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan oleh Google.

Google dianggap melanggar aturan anti-monopoli meskipun tidak dikenakan sanksi atas tindakan mereka dalam mengamankan bukti. Menurut Mehta, Google telah berusaha menghindari rekam jejak kertas bagi regulator dan pihak yang berperkara.

Google dikritik karena telah melatih karyawannya untuk tidak menciptakan bukti yang merugikan perusahaan. Mereka juga sering menghapus pesan chat karyawan secara otomatis setelah 24 jam kecuali jika disimpan.

Mehta juga menyoroti inisiatif Google yang melibatkan pengacara dalam komunikasi internal perusahaan. Namun, Mehta tidak memberikan sanksi kepada Google dalam kasus ini.

“Perusahaan yang memberikan tanggung jawab pada karyawannya untuk mengidentifikasi dan menyimpan bukti yang relevan harus menanggung risikonya sendiri,” tulis Mehta.

Google berhasil menghindari sanksi dalam kasus ini, namun tidak menutup kemungkinan mereka akan mendapat sanksi di masa depan. (fab/fab)

Exit mobile version