Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Prasasti Berusia 4.000 Tahun Mengungkap Prediksi ‘Kiamat’ yang Dibawa oleh Bulan

Jakarta, CNBC Indonesia – Gerhana bulan ternyata lebih dari sekadar peristiwa langit bagi orang Babilonia kuno. Mereka melihat “kiamat bulan” sebagai pertanda malapetaka.

Untuk itu, membaca sinyal bayangan melahap Bulan merupakan ilmu penting dan menghasilkan prasasti yang mendokumentasikan berbagai pertanda yang dapat ditemukan dalam gerhana.

Ditulis dalam aksara paku pada awal milenium kedua SM, peringatan Mesopotamia berusia 4.000 tahun ini akhirnya ditafsirkan dari empat tablet yang telah berada di British Museum selama lebih dari satu abad.

Menyajikan terjemahan mereka dalam sebuah studi baru, para peneliti mengungkapkan bagaimana berbagai fitur gerhana dapat digunakan untuk meramalkan peristiwa di masa depan. Dengan mengamati waktu dan tanggal gerhana bulan, serta pergerakan bayangan Bumi di Bulan, para penasihat kerajaan dapat meramalkan malapetaka besar yang telah ditakdirkan untuk seorang raja. Misalnya, lempengan-lempengan itu mengungkapkan bahwa “gerhana pada masa pagi” menandakan berakhirnya sebuah dinasti di kota Akkad di Mesopotamia.

“Astrologi Babilonia adalah cabang ilmu ramalan akademis yang didirikan atas kepercayaan bahwa peristiwa-peristiwa di langit adalah tanda-tanda terkode yang ditempatkan di sana oleh para dewa sebagai peringatan tentang prospek masa depan orang-orang di Bumi,” tulis para penulis studi tersebut, dikutip dari IFL Science, Jumat (9/8/2024).

Dengan demikian, pengamatan astrologi merupakan bagian dari metode rumit untuk melindungi raja dan mengatur perilakunya agar sesuai dengan keinginan para dewa. Dengan merujuk silang berbagai fitur gerhana dengan “korpus akademis teks-teks pertanda langit”, para penasihat kerajaan dapat menguraikan pertanda langit dan membantu raja menghindari malapetaka.

Teks-teks yang dianalisis oleh para penulis studi tersebut diyakini berasal dari kota Babilonia kuno Sippar, yang terletak di Irak modern. Pertanda lain yang tertulis pada prasasti tersebut menjelaskan bahwa “gerhana pada waktu jaga malam… menandakan wabah penyakit,” sementara catatan yang khususnya mengancam menyatakan bahwa “[jika] gerhana terjadi pada arah yang salah… tidak ada yang akan terhindar, Banjir Besar akan terjadi di mana-mana.”

Apa yang dimaksud oleh para astronom kuno dengan “arah yang salah” tidak jelas, meskipun para peneliti mengatakan bahwa ini mungkin berhubungan dengan skenario di mana cakram bulan “entah bagaimana dinilai menghadap ke arah yang berlawanan dari yang diharapkan.”

Namun, untungnya, para raja tidak menerima nasib mereka begitu saja, karena ritual perlindungan dilakukan untuk menangkal pertanda buruk. Mengutip surat dari seorang peramal kepada Raja Zimri-Lim dari Mari, sebuah wilayah di Mesopotamia, para peneliti mengatakan bahwa pertanda gerhana yang tidak menyenangkan dapat diperiksa ulang dengan extispicy yang melibatkan pemeriksaan isi perut hewan, untuk menentukan apakah raja benar-benar dalam bahaya.

“Teks-teks milenium pertama menunjukkan bahwa jika, setelah penyelidikan tersebut, para penasihat raja merasa ancaman itu masih ada, tindakan dapat diambil untuk membatalkannya, dengan mengidentifikasi kekuatan jahat yang ada di baliknya dan melawannya dengan ritual-ritual apotropaik,” jelas para penulis studi tersebut.

Menyoroti pentingnya keseluruhan ukiran-ukiran ini, para peneliti mengatakan, bahwa prasasti mewakili contoh-contoh tertua dari kumpulan pertanda gerhana bulan yang pernah ditemukan dan dengan demikian memberikan informasi baru yang penting tentang ramalan langit di antara masyarakat Mesopotamia selatan pada awal milenium kedua SM.

(luc/luc)

Exit mobile version