Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Kronologi Terungkapnya Sosok Raja Hacker Dunia

Daftar Isi Jakarta, CNBC Indonesia – Pada awal tahun ini, koalisi lembaga penegak hukum internasional berhasil mengendalikan situs web gelap milik geng ransomware terkenal LockBit. Bahkan, otoritas internasional tidak segan-segan menampilkan pesan “situs ini sekarang berada di bawah kendali penegak hukum”. Meskipun demikian, operasi tersebut tidak berhasil mengganggu operasional LockBit dalam waktu lama. Geng penjahat siber tersebut dengan cepat meluncurkan situs web baru setelah situs lamanya diambil alih. Pada tanggal 6 Mei 2024, pihak berwenang kemudian memperbarui situs lama LockBit dan mengumumkan bahwa mereka akan segera mengungkap identitas bos LockBit. Pesan “Siapa LockBitSupp?” tertera pada situs tersebut, lengkap dengan hitungan mundur selama 24 jam. Jon DiMaggio, seorang peneliti keamanan siber, melihat pengumuman tersebut dan mulai bertanya-tanya apakah identitas pemimpin LockBit yang diungkapkan ternyata sama dengan yang ia kenal selama ini.

DiMaggio telah berhasil menyusup ke dalam geng LockBit dengan menyamar sebagai penjahat internet pemula yang tertarik untuk bergabung. Selama beberapa tahun terakhir, DiMaggio telah membangun hubungan dengan LockBitSupp, pemimpin LockBit. Dia mampu mengungkap identitas asli LockBitSupp sebelum diumumkan secara publik oleh pihak berwajib. DiMaggio memaparkan kisah ‘pertemanannya’ dengan LockBitSupp di konferensi peretasan Def Con di Las Vegas.

Awalnya, DiMaggio menciptakan serangkaian akun palsu untuk mendekati orang-orang yang memiliki hubungan langsung dengan LockBitSupp. Dia mengamati interaksi mereka untuk mengetahui selera dan sudut pandang mereka, sehingga bisa membangun citra yang kredibel ketika akhirnya menghubungi LockBit dan administratornya secara langsung. Meskipun awalnya usahanya untuk bergabung ditolak, DiMaggio berhasil menjalin persahabatan dengan LockBitSupp. Ia mampu membuat LockBitSupp percaya padanya hingga memberikan rincian operasi geng tersebut.

Pada Januari 2023, DiMaggio menyusun laporan panjang mengenai temuannya selama melakukan penelitian rahasia. DiMaggio mengira bahwa laporan tersebut mungkin akan mengakhiri hubungannya dengan LockBitSupp. Namun, LockBitSupp merespons dengan santai bahkan mengungkapkan harapannya untuk naik kapal pesiar bersama wanita. DiMaggio menyadari bahwa LockBitSupp tidak seperti yang diperlihatkan di forum-forum online, ia tidak terobsesi dengan materi dan memiliki sikap yang berbeda.

DiMaggio kemudian berusaha menggali informasi lebih lanjut tentang LockBitSupp. Pada saat yang sama, FBI juga tengah memburu identitas sang pemimpin geng. Dengan bantuan tip anonim, DiMaggio berhasil mengidentifikasi LockBitSupp sebagai sosok bernama Dmitry Khoroshev. Namun, pihak berwenang akhirnya berhasil mengungkap identitas LockBitSupp, yang ternyata adalah Dmitry Khoroshev. DiMaggio kemudian mempublikasikan laporannya tentang hal tersebut.

DiMaggio menuliskan pesan terbuka kepada LockBitSupp, memberikan nasihat agar berhenti dari aktivitas kriminal yang merugikan banyak orang. Namun, ia tidak menerima balasan, dan tak mengetahui kelanjutan kabar dari Khoroshev.

Exit mobile version