Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Apa yang Terjadi di Balik Demo 1.000 Driver Ojol dan Kurir Besok?

Apa yang Terjadi di Balik Demo 1.000 Driver Ojol dan Kurir Besok?

Jakarta, CNBC Indonesia – Kamis (29/8/2024) besok, sejumlah kelompok ojek online (ojol) dan kurir lokal se-Jabodetabek akan melakukan demo. Aksi demo itu akan menuju ke kantor platform dan juga pemerintah.

“Pada hari Kamis 29/8/2024 dari beberapa kelompok rekan-rekan ojek online dan kurir lokal Jabodetabek akan lakukan aksi damai dengan tuntutan yang akan diutarakan baik kepada perusahaan aplikasi maupun kepada pihak Pemerintah,” kata Ketua Umum Garda Indonesia, Igun Wicaksono dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (28/8/2024).

Dia menjelaskan aksi akan dilaksanakan jam 12:00 WIB. Rutenya adalah Istana Merdeka, kantor Gojek dan kantor Grab. “Informasi dari rekan-rekan kami bahwa aksi akan diikuti sekitar 500-1000 pengemudi ojol dari berbagai komunitas di Jabodetabek,” kata Igun.

Harapannya perusahaan aplikasi bisa menghormati penyampaian pendapat para mitranya. Ini dilakukan sebagai sesuatu yang perlu diperhatikan.

Selain juga mengharapkan pemerintah bisa menyimpulkan permasalahan yang berulang terus-menerus di dalam ekosistem transportasi online.

Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Roda Dua Nasional Garda Indonesia menghormati dan mendukung aksi selagi tidak mengganggu keamanan dan ketertiban. Karena, dia menyebut adanya kesamaan nasib pengemudi yang tertekan oleh perusahaan dan pemerintah belum berbuat banyak.

Menurutnya, status hukum ojek online juga masih ilegal tanpa adanya aturan berupa undang-undang. Tanpa itu, maka perusahaan dinilai dapat berbuat sewenang-wenang dan tanpa sanksi dari pemerintah.

“Dengan belum adanya legal standing bagi para pengemudi ojol maka perusahaan aplikasi bisa berbuat sewenang-wenang tanpa ada solusi dari platform dan tanpa dapat diberikan sanksi tegas oleh Pemerintah, hal inilah yang membuat timbulnya berbagai gerakan aksi protes dari para mitra,” ungkap dia.

(fab/fab)

Exit mobile version