Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Hindari Mengetik 4 Karakter Ini di iPhone

Perusahaan peneliti keamanan seluler, Mastodon, telah menemukan bug di sistem operasi iOS yang dibuat oleh Apple. Sistem antarmuka iPhone dapat mengalami crash hanya dengan mengetik empat karakter berikut: “”:: (dua tanda petik dan dua titik dua). Menurut TechCrunch, karakter-karakter ini menyebabkan crash saat diketik di kolom pencarian App Library dan kolom pencarian Pengaturan. Meskipun demikian, para peneliti menyatakan bahwa bug tersebut tampaknya bukan masalah keamanan.

Menurut Ryan Stortz, seorang peneliti keamanan iOS yang menganalisis bug tersebut, “Ini bukan bug keamanan.” Bug ini juga tidak melibatkan pihak lain karena hanya memerlukan pengguna yang mengetik karakter tersebut secara langsung untuk memicu bug. Mastodon menggambarkan ini sebagai “soft crash”, di mana sistem hanya akan mengatur ulang antarmuka pengguna yang disebut Springboard.

Bug ini akan membuat Springboard mogok sebentar, lalu memuat ulang ke layar kunci. Dalam pengujian lain, bug tersebut membuat layar menjadi hitam sesaat. Bug semacam ini cukup langka pada iPhone, tetapi tidak pernah tidak terjadi. Bug yang lebih serius terjadi di iMessage pada tahun 2015, di mana satu pesan teks menyebabkan iPhone crash dan harus dimatikan sepenuhnya.