Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

iPhone 16 akan Dirilis Minggu Depan, Inilah Deretan iPhone yang Akan Berhenti Diproduksi

Jakarta, CNBC Indonesia – Seri iPhone 16 akan diperkenalkan dalam acara khusus Apple pada pekan depan, tepatnya 9 September 2024. Bersamaan dengan itu, ada beberapa daftar produk Apple yang akan pensiun alias tidak akan diproduksi lagi.

Selain seri iPhone 16, Apple juga dikatakan akan meluncurkan beberapa produk lain seperti AirPods dan Watch generasi terbaru.

Dengan demikian, para penggemar Apple tidak akan lagi menemukan beberapa produk lama di toko resmi Apple Store.

Namun, perlu dicatat, di Indonesia tidak memiliki Apple Store. Biasanya situs distributor resmi seperti iBox atau Digimap masih menyediakan berbagai iPhone dan produk Apple lama hingga stoknya habis.

Berikut beberapa iPhone dan produk Apple lama lainnya yang kemungkinan besar tidak akan diproduksi lagi setelah iPhone 16 diluncurkan, seperti dilaporkan oleh 9to5mac, Rabu (4/9/2024):

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

Sejak iPhone XS dan XR diperkenalkan pada tahun 2018, Apple telah menghentikan produksi iPhone andalannya hanya setahun setelah diperkenalkan. Sepertinya tradisi ini tidak akan berubah.

Jadi, kemungkinan besar kita akan mengucapkan selamat tinggal pada iPhone pertama Apple dengan titanium mulai bulan depan.

iPhone 14 Plus

iPhone 14 Plus merupakan iPhone ukuran besar pertama yang dipasarkan sebagai produk entry-level, menyusul kegagalan iPhone 12 mini dan iPhone 13 mini.

iPhone ini memiliki layar 6,7 inci dan daya tahan baterai yang sama dengan iPhone Pro Max, hanya saja dengan kemasan yang lebih murah. iPhone 14 Plus juga menggunakan kembali merek dagang “Plus” untuk pertama kalinya sejak iPhone 8 Plus tahun 2017.

Apple menghentikan penjualan iPhone 13 mini September lalu sembari tetap menjual iPhone 13. Jadi masuk akal jika strategi serupa digunakan lagi tahun ini dengan menghentikan penjualan iPhone 14 Plus dan mempertahankan iPhone 14 dalam waktu lebih lama.

iPhone 13

Apple memperkenalkan iPhone 13 pada tahun 2021 dengan sejumlah peningkatan, termasuk masa pakai baterai yang lebih lama, sistem kamera baru, dan notch yang lebih kecil.

Harga awalnya US$799, dan mengalami sejumlah penurunan harga selama bertahun-tahun hingga kini mulai dijual US$599.

Usia iPhone 13 kini mendekati 3 tahun dan tetap menjadi iPhone tertua yang dijual di toko Apple.

Setelah peluncuran iPhone 16, agaknya iPhone 14 akan jadi varian paling tua yang masih tersedia.

Apple Watch Seri 9, Ultra 2, dan SE 2

Apple Watch generasi baru diharapkan turut hadir bulan depan. Seri 10 diprediksi akan hadir layar yang lebih besar, casing yang lebih tipis, dan chipset baru. Ultra 3 juga diharapkan mendapatkan sedikit pembaruan tahun ini, dan SE 3 dikabarkan akan beralih ke casing plastik dengan harga yang lebih terjangkau.

Jika semua Apple Watch diperbarui, Apple kemungkinan besar akan berhenti menjual semua model Seri 9, Ultra 2, dan SE 2 generasi saat ini.

AirPods 2 dan AirPods 3

Apple telah menjual AirPods 2 sejak 2019 sebagai model entry level dengan harga terjangkau. Meskipun AirPods 3 diperkenalkan pada 2021 dengan Spatial Audio, kualitas audio yang lebih baik, dan fitur lainnya, Apple tetap mempertahankan AirPods 2 dalam jajaran produknya. Namun, hal itu akan segera berakhir.

Namun bulan depan dua model AirPods 4 baru kabarnya akan hadir menggantikan AirPods 2 di segmen entry level, dan model mid-tier untuk menggantikan AirPods 3. Dengan diperkenalkannya kedua model AirPods ini, kemungkinan besar AirPods 2 dan AirPods 3 akan berakhir masa jualnya.

iPad mini 6 dan iPad 10

Pembaruan pada dua iPad termurah Apple juga akan terjadi bulan depan, ini tentu akan berpengaruh pada iPad mini 6 dan iPad 10.

Apple kemungkinan masih akan menjual iPad 10 dengan harga yang lebih rendah dari US$349 setelah mereka memperkenalkan iPad 11, tetapi ini masih sangat diragukan.

Model baru ini diharapkan menyertakan dukungan untuk Apple Intelligence, penyimpanan yang lebih besar, dan kemungkinan dukungan Apple Pencil Pro.

Demikian jejeran iPhone yang dikabarkan akan pensiun setelah iPhone 16 hadir di pasaran. Benar atau tidaknya, kita lihat pasca peluncuran 9 September 2024!

(fab/fab)

Exit mobile version