Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Tips Mudah dan Praktis agar Orang Tidak Bisa Menghubungi di WhatsApp tanpa Perlu Blokir

Jakarta, CNBC Indonesia – Pengguna WhatsApp memiliki kemampuan memblokir kontak untuk menghentikan mereka mengirimkan pesan. Namun ada cara lain tanpa harus memblokir orang.

Salah satunya adalah menggunakan fitur arsip. Ini akan membuat chat dari kontak yang diinginkan akan dibisukan atau mute.

Tidak akan ada notifikasi saat pesan baru masuk. Kecuali saat nama kita ditandai atau mention dan mereka membalas chat.

Chat tersebut juga tidak terlihat di kotak masuk. Melainkan akan dipindahkan dalam satu folder khusus.

“Arsip di WhatsApp memungkinkan mengatur pesan pribadi dan memprioritaskan chat penting. Arsip Chat akan tetap diarsipkan dan mute namun Anda tetap bisa mengubahnya kembali,” tulis WhatsApp dalam akun X.

Cara melakukannya dengan memilih kontak yang diarsipkan. Setelah itu pilih Archived dan chat masuk dalam folder.

Anda juga bisa terlihat offline untuk menghindari membalas chat orang tertentu. Beberapa fitur berikut membuat Anda tidak sedang aktif di WhatsApp.

Berikut beberapa fitur tersebut:

1. Matikan Last Seen

Fitur Last Seen akan menampilkan informasi kapan terakhir kali pengguna membuka WhatsApp. Anda dapat mematikan untuk menghilangkan informasi tersebut.

Cara menonaktifkannya adalah sentuh ikon tiga titik. Berikutnya pilih Settings dan akun berikutnya klik Privasi, masuk ke menu Who Can See My Personal Info, klik Last Seen dan pilih Nobody. Opsi tersebut untuk semua orang, pada kontak yang disimpan atau tidak.

2. Matikan Centang Biru

Centang biru adalah tanda orang sudah menerima pesan. Jadi Anda akan terlihat offline serta bisa membaca pesan tanpa ketahuan dengan mematikannya. Ini cara mematikannya:

Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp

– Pilih Setting

– Tekan Akun > Privasi

– Geser toggle untuk pilihan Laporan Dibaca atau Read Receipts

– Centang biru sudah non-aktif

3. Sembunyikan Status

Anda juga bisa membunyikan status pada kontak tertentu agar tidak terlihat tengah menggunakan WhatsApp. Langkah pertama adalah menuju ke menu Settings > Privasi > Status.

Berikutnya pilih pada menu siapa Status dibagikan, ada “Kontak Saya”, “Kontak Saya Kecuali…”, dan “Hanya Bagikan Dengan…”. Pilih sesuai yang diinginkan.

4. Buat Status

Fitur lain yang bisa digunakan adalah Status. Tulis pesan Anda tidak bisa diganggu hingga waktu tertentu. Caranya buka menu ikon tiga titik > Settings > nama profil WhatsApp > About, berikutnya klik ikon pensil dan tuliskan status untuk memberitahu orang lain jika akun tersebut akan offline dalam waktu tertentu. Terakhir jangan lupa klik Save.

5. Matikan Background Data

Anda tetap akan menerima pesan jika WhatsApp berjalan di background. Jadi matikan Background Data untuk menghindarinya.

Namun cara ini hanya untuk ponsel Android. Caranya masuk ke Settings, berikutnya buka opsi data, dan pilih nonaktifkan Background Data.

(fab/fab)

Exit mobile version