Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Desa Miskin Berubah Menjadi Tambang Bitcoin Terbesar di Dunia, Inilah Lokasinya

Sebuah desa kecil di Texas, Amerika Serikat, telah diubah menjadi tambang bitcoin terbesar di dunia. Corsicana, ibu kota Navarro County, terkenal karena memicu ledakan minyak Texas pada tahun 1894. Awalnya, sumur digali untuk mengatasi kekurangan air, namun malah menemukan ladang minyak yang luas.

Puluhan juta barel minyak diekstraksi dari kota tersebut selama abad berikutnya, membuat Corsicana menjadi kaya. Namun saat ini, hanya satu atau dua ribu barel yang diekstraksi setiap tahun, dan hampir seperenam dari penduduknya tinggal di bawah garis kemiskinan.

Di tengah kondisi tersebut, sebidang tanah seluas 265 hektar sedang dibangun menjadi fasilitas penambangan bitcoin raksasa. Fasilitas ini dimiliki oleh Riot Platforms, perusahaan penambangan kripto yang terdaftar di bursa AS dan bermaksud untuk menjadi tambang bitcoin terbesar di dunia.

Meski pejabat setempat melihat ini sebagai jalan keluar mengingat mengeringnya ladang minyak, beberapa penduduk Corsicana tidak yakin dengan rencana tersebut. Mereka melihatnya sebagai ancaman terhadap nilai properti, jaringan energi yang rentan, dan gaya hidup pedesaan yang tenang. Penduduk setempat telah sepakat untuk melakukan perlawanan terhadap pembangunan tambang bitcoin tersebut.

Sumber: CNBC Indonesia