Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Desa Miskin Kering Minyak, Mulai Eksplorasi Tambang Harta Karun Baru

Jakarta, CNBC Indonesia – Siapa yang akan menyangka bahwa sebuah desa kecil dan miskin di pinggiran Texas, Amerika Serikat, bisa diubah menjadi tambang bitcoin terbesar di dunia.

Corsicana, ibu kota Navarro County, awalnya terkenal karena ledakan minyak Texas pada tahun 1894. Awalnya, sumur digali sampai kedalaman 1.000 kaki untuk mengatasi kekurangan air di wilayah itu, tetapi malah menemukan ladang minyak yang luas.

Selama abad berikutnya, puluhan juta barel minyak diambil dari kota ini, dan Corsicana menjadi kaya.

Namun saat ini, hanya satu atau dua ribu barel yang diekstraksi setiap tahun. Hampir seperenam dari 24.000 penduduk Corsicana berada di bawah garis kemiskinan, jauh di atas rata-rata nasional AS.

Jalan-jalan kota berlubang. Beberapa lingkungan dipenuhi gubuk-gubuk kayu yang rusak dan pohon-pohon besar yang membebani kabel listrik.

Bahkan jalan raya yang rindang di distrik bersejarah itu dipenuhi dengan bangunan yang ditutup papan.

Namun, di lahan seluas 265 hektar, pembangunan fasilitas penambangan bitcoin sedang berlangsung.

Menurut The Wired, fasilitas ini dimiliki oleh Riot Platforms, perusahaan penambangan kripto yang terdaftar di bursa AS. Mereka berencana untuk mengembangkannya menjadi tambang bitcoin terbesar di dunia.

Mengeringnya ladang minyak membuat pejabat setempat melihat penambangan bitcoin sebagai sumber pendapatan baru.

Namun, beberapa penduduk Corsicana tidak yakin dengan rencana ini. Mereka menganggap fasilitas penambangan bitcoin sebagai ancaman bagi nilai properti mereka, jaringan energi yang rentan, dan gaya hidup pedesaan yang tenang.

Warga yang tidak setuju kemudian sepakat untuk melakukan perlawanan. Pada bulan April 2022, Jackie Sawicky, salah satu warga desa, menemukan siaran langsung Facebook yang diadakan oleh pemerintah kota Corsicana. Dalam siaran tersebut, mereka mengumumkan rencana untuk tambang Riot.

Tujuannya adalah untuk memperluas basis pajak lokal dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di daerah tersebut.

John Boswell, direktur pengembangan ekonomi Corsicana dan Navarro County berkata, “Ini akan memacu pertumbuhan ekonomi, yang akan menguntungkan kita semua yang tinggal di sini.”

Meskipun hanya sedikit anggota yang hadir di setiap pertemuan dan protes daring bulanan, grup ini sekarang memiliki 800 anggota.

Penambangan bitcoin membutuhkan perangkat keras khusus yang boros energi. Fasilitas di Corsicana direncanakan akan menarik hingga satu gigawatt energi setiap saat setelah selesai, cukup untuk memberi daya pada ratusan ribu rumah.

(dem/dem)

Exit mobile version