Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

10 Startup Yang Dahulu Terkenal Namun Kini Bangkrut

10 Startup Yang Dahulu Terkenal Namun Kini Bangkrut

Peluang bisnis yang semakin luas seringkali dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk membuka perusahaan rintisan atau startup. Mereka membentuk usaha sebagai bagian untuk menjadi pemain baru di pasar dengan sejumlah inovasi. Meski begitu, beberapa startup dengan nama besar terpaksa menyerah dan gulung tikar. Sebut saja, Zenius, Airy Room, dan JD.ID. Alasannya beragam, mulai dari kehabisan modal hingga keadaan pasar yang nyaris tumbang akibat pandemi Covid-19.

Awal tahun 2024, startup edutech Zenius tutup untuk sementara. Perusahaan penyedia platform pendidikan online dan pemilik jaringan bimbingan belajar Primagama tersebut mengaku harus menghentikan kegiatan karena “tantangan operasional”. Penghentian operasi untuk sementara diumumkan oleh Zenius, antara lain, lewat pernyataan resmi kepada mitra pemilik lokasi bimbingan belajar offline Primagama.

PropertyGuru mengumumkan penutupan platform marketplace properti Rumah.com pada Agustus tahun lalu. Sebanyak 61 pegawai Rumah.com terkena kebijakan pemutusan hubungan kerja atau PHK. CEO PropertyGuru, Hari V. Krishnan, mengumumkan rencana penutupan Rumah.com lewat siaran pers yang dipublikasikan di situs resmi perusahaan.

JD.ID resmi menutup seluruh layanannya per 31 Maret 2023. Hal ini pertama kali diketahui dari laman resmi JD.ID. Saat itu, ketika membuka layanan e-commerce tersebut, terpampang pengumuman penting ini untuk diketahui pelanggan.

Airy Rooms resmi menghentikan operasional tanggal 31 Mei 2020. Penyebabnya adalah adanya keadaan yang berbeda dari sebelum pandemi. Bisnis hotel aggregator sempat naik daun sebelum pandemi Covid-19 merebak. Para perusahaan bekerja sama dengan pemilik properti dari hotel hingga motel kecil dalam rangka menawarkan tempat menginap seperti yang ditawarkan platform online.

Fabelio, startup desain furnitur dan interior, dinyatakan pailit. Hal ini diketahui dari pengumuman di surat kabar berdasarkan putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No.47/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN.Niaga.JKT.PST, tertanggal 5 Oktober 2022, yang mengabulkan putusan pailit terhadap PT. Kayu Raya Indonesia atau Fabelio.

Sorabel resmi tutup pada 30 Juli 2020 lalu. Surat pemimpin kepada karyawannya menyatakan startup e-commerce itu telah melakukan usaha terbaik untuk menyelamatkan perusahaan. Namun dengan berat hati harus menempuh jalur likuidasi.

Stoqo juga menutup layanannya pada tahun 2020. Startup ini menjalankan usaha bisnis ke bisnis, yang bekerja untuk memasok bahan makanan segar seperti cabai, telur hingga ampas kopi ke gerai makanan, atau restoran.

Qlapa tutup pada 2019 karena perusahaan ini tidak mampu bersaing dengan e-commerce lain seperti Tokopedia dan Bukalapak.

CoHive, startup penyedia ruang kerja bersama, diputus pailit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Keputusan pailit tersebut berdasarkan Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Register No: 231/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN.Jkt.Pst, tertanggal 18 Januari 2023.

Startup asal Malaysia Kaodim mengumumkan bahwa mereka menghentikan semua operasi layanan pada 1 Juli 2022. Penutupan ini mencakup anak usaha mereka di Indonesia, yaitu Beres.id. Kaodim adalah startup yang menyediakan marketplace jasa yang menghubungkan konsumen dengan penyedia jasa servis AC, kebersihan rumah, hingga pekerja konstruksi.

Exit mobile version