Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Prabowo-Gibran Jadi Sorotan di Media Sosial Setelah Dilantik, Rp 1 Juta Jadi Viral

Prabowo-Gibran Jadi Sorotan di Media Sosial Setelah Dilantik, Rp 1 Juta Jadi Viral

Jakarta, CNBC Indonesia – Acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI serta perayaannya di jalan Sudirman-Thamrin menjadi viral di media sosial. Alih-alih membicarakan pelantikan, netizen ramai membicarakan Rp 1.
Tagar Rp 1 menjadi yang paling ramai digunakan oleh netizen di media sosial X yang sebelumnya bernama Twitter. Sekitar 375 ribu unggahan menggunakan tagar Rp 1 di media sosial X.
Salah satu unggahan paling populer di X berasal dari akun resmi KAI Commuter Line yaitu @commuterline yang mengumumkan tarif Rp 1 untuk naik Commuter Line khusus hari ini, Minggu (20/10/2024).
Sebagian netizen membagikan pengalaman menggunakan sarana transportasi di area Jabodetabek dengan tarif Rp 1.
Ada juga netizen yang meminta agar tarif Rp 1 berlaku tidak hanya sehari, tetapi sebulan.
Dalam rangka penyelenggaraan kegiatan bersifat nasional, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Minggu 20 Oktober 2024 ditiadakan. Rencananya akan diganti dengan serangkaian panggung rakyat untuk memeriahkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru RI.
Kabar baik bagi warga Jakarta yang ingin bepergian di hari Minggu (20/10) besok. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan tarif angkutan umum khusus Pelantikan Presiden sebesar satu rupiah.
Mengutip akun sosial media X milik Dinas Perhubungan Jakarta, masyarakat dapat menikmati pengalaman menjelajahi Jakarta dengan tarif angkutan umum seperti MRT, Transjakarta, dan LRT Jakarta khusus Pelantikan Presiden RI sebesar Rp 1.
Pada periode tersebut, tetap berlaku Rp 0 untuk layanan Mikrotrans, Transjakarta Cares, Layanan Penugasan Transjakarta lainnya, dan Layanan Gratis bagi masyarakat tertentu sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 133 Tahun 2018.
Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan Car Free Day atau hari bebas kendaraan ditiadakan pada saat pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto, 20 Oktober mendatang. Namun pemerintah akan menggelar acara hiburan rakyat.
Dia mengatakan pesta hiburan rakyat itu akan diselenggarakan mulai dari jalan Jenderal Sudirman – Thamrin. Setidaknya ada 13 titik yang disiapkan yang dikerjasamakan dengan BUMN dan BUMD DKI Jakarta.
Untuk itu, Dishub DKI Jakarta juga sudah menyediakan kantong-kantong parkir bagi masyarakat yang ingin pergi ke Panggung Rakyat di sekitar lokasi tersebut.

Daftar Lokasi Panggung Pesta Rakyat:
1. Panggung Sumatera: Depan Gedung BRI
2. Panggung Kalimantan: Depan Mid Plaza
3. Panggung Sulawesi: Depan Gedung BNI Tower
4. Panggung Nusantara: Depan Gedung Plaza Indonesia (HI)
5. Panggung Jawa: Depan Gedung Sarinah
6. Panggung Papua: Bundaran Patung Kuda
7. Panggung Merah Putih: Taman Pandang Istana Merdeka
8. Panggung Rakyat: Depan Hotel Mandarin Oriental
9. Panggung Rakyat: Depan Darma Intiland
10. Panggung Rakyat: Depan Gedung Jaya
11. Panggung Rakyat: Area Chillax
12. Panggung Rakyat: Pintu 6 Gelora Bung Karno
13. Panggung Rakyat: Depan FX Sudirman

(dem/dem)

Exit mobile version