Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Microsoft Mengatakan Bos ChatGPT Dipecat Karena Menciptakan Terminator

CEO OpenAI Sam Altman yang dipecat karena peringatan keberadaan robot canggih AI

Pemecatan CEO OpenAI Sam Altman dilaporkan karena adanya peringatan keberadaan robot canggih AI yang mengancam umat manusia. Robot AI canggih tersebut bernama Q* atau Q-star dan kabarnya bisa menjadi terobosan pencarian perusahaan pada Artificial General Intelligence (AGI).

Ancaman Q-star ini dituliskan oleh sejumlah staf peneliti pada sebuah surat kepada direksi OpenAI. Surat tersebut berisi peringatan soal keberadaan kecerdasan buatan yang kuat tersebut. Menurut sumber yang dikutip dari Reuters, surat peneliti tersebut menjadi salah satu faktor dari daftar panjang keluhan dewan pada Altman yang berujung pemecatan.

Altman juga memiliki ambisi besar untuk mengembangkan ChatGPT dan mendekati AGI. Namun, Presiden Microsoft Brad Smith menolak klaim terobosan berbahaya tersebut menjadi alasan pemecatan Altman.

Menurut Smith, sama sekali tidak ada kemungkinan melihat AGI, komputer yang lebih kuat daripada manusia, dalam 12 bulan ke depan. Namun, ia masih memikirkan waktu untuk melakukannya dan fokus pada keselamatan. Menurutnya, yang terpenting adalah harus ada pengaman di sistem AI yang mengontrol infrastruktur penting, sehingga infrastruktur tersebut selalu berada di bawah kendali manusia.

Kemampuan AGI jauh melampaui dari yang dibayangkan. Para peneliti telah melakukan pengujian pada Q-star yang dikatakan memiliki kemampuan yang kemungkinan bisa lebih pintar dibandingkan AI Generatif yang berada di belakang ChatGPT dan bahkan bisa melampaui manusia. Ia didefinisikan oleh OpenAI sebagai sistem otonom yang bisa melampaui manusia untuk sebagian besar tugas bernilai ekonomi.