Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

4 Langkah Untuk Mengecek Keaslian atau Kepalsuan E-Meterai

Jangan sampai tertipu dengan e-Meterai palsu. Anda bisa mengecek keasliannya lewat beberapa langkah mudah.

Beberapa waktu lalu, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) sempat mengungkap kasus e-Meterai palsu. Modusnya adalah pembelian cap bukti pembayaran pajak secara online lewat marketplace dan pembeli diminta mengirimkan dokumennya dengan format word.

Hasil penipuan ini bisa merugikan pembeli dari segi keuangan. Selain itu juga ada risiko kebocoran data karena dokumen yang diberi meterai berisi informasi data penting dari pembeli dan penerima.

Untuk menghindari jadi korban e-Meterai palsu, Anda harus mengecek keasliannya dengan teliti. Berikut tipsnya, dikutip dari laman Privy.id, Kamis (19/10/2023):

1. Ketahui Ciri-ciri e-Meterai Asli

Salah satu ciri e-Meterai asli adalah hanya bisa ditempelkan pada dokumen dengan format Pdf. Jadi Anda patut berhati-hati jika ada penjual yang meminta mengirimkannya melalui file berbentuk word.

Berikut beberapa karakteristik e-Meterai asli:

– Memiliki kode unik. Setiap e-Meterai asli akan memiliki kode yang berbeda, jadi Anda perlu curiga jika e-Meterai dengan nomor kode yang sama dengan yang dimiliki sebelumnya.
– Pastikan gambar garuda-nya benar, dari warna hingga arah kepalanya.
– Tulisan yang benar adalah Meterai bukan Materai. Tulisan ‘Meterai Elektronik’ juga akan terlihat di atas e-Meterai.
– Terdapat nominal harga dengan bentuk angka serta huruf kapital

2. Cek di Laman Resmi Peruri

Anda bisa mengecek keasliannya dengan memindai dokumen resmi pada laman resmi Peruri sebagai penerbit e-Meterai. Yakni melalui verification.peruri.co.id.

Caranya dengan mengunggah file berisi e-Meterai pada kotak yang tersedia dan centang bagian ‘I’m not robot’. Berikutnya isi kolom captcha dan tunggu proses validasi berlangsung.

Jika asli, maka akan menampilkan data soal dokumen tersebut mulai dari status verifikasi, tanggal tandatangan, hingga nomor kode.

3. Memindainya di Aplikasi Peruri Scanner

Pengecekan lainnya bisa juga dilakukan melalui aplikasi Peruri Scanner. Aplikasi tersebut sudah tersedia di Play Store maupun App Store. Simak caranya berikut ini:

– Buka aplikasi
– Letakkan scanner tepat di hadapan QR code e-Meterai Anda
– Lalu klik scan
– Jika asli akan muncul lambang PERURI, serangkaian nomor unik dan tanggal serta jam pembelian.
– Meterai palsu tidak akan lolos verifikasi ini sebab, PERURI telah menggunakan teknologi digital signature X.509 SHA 512 yang telah dilengkapi 3 fitur keamanan tambahan. Teknologi itu hanya bisa terlihat di dalam aplikasi dan bisa memunculkan signature panel pada Adobe Acrobat.

4. Menggunakan Adobe Acrobat Reader

Cara pengecekan terakhir dengan mengunggah dokumen ke aplikasi Adboe Acrobat Reader. Jika e-Meterai asli maka akan menampilkan data Status “Signed by Meterai Elektronik”, kode unik yang sesuai, alasan dan lokasi penempelan, dan tanggal terakhir kali diedit.