Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Peneliti Jepang Menyoroti Keistimewaan Ikan Sulawesi, Apa yang Mereka Temukan?

Ikan unik asal Sulawesi yang menarik perhatian para peneliti Jepang dikarenakan warnanya yang menandakan “marah” seperti Hulk. Dalam makalah yang berjudul “Rapid body colouration change in Oryzias celebensis as a social signal for intraspecific competition,” para peneliti Jepang, Ryutaro Ueda, Satoshi Ansai, dan Hideaki Takeuchi membahas perubahan warna yang aneh pada ikan medaka (Oryzias celebensis). Meskipun tidak sama persis dengan Hulk yang berubah menjadi hijau, perubahan warna ikan medaka cukup menarik karena warnanya biasanya putih. Namun, bentuk ikan betina dan ikan jantan sangatlah berbeda.

Ikan medaka jantan memiliki tanda hitam di sirip dan sisinya yang tidak dimiliki oleh ikan betina. Perubahan warna di ikan medaka berbeda dengan spesies lain yang terkenal dengan perubahan warnanya, seperti bunglon atau hewan lain yang berubah warna untuk menarik lawan jenisnya. Para peneliti Jepang pun melakukan eksperimen untuk mengetahui alasan di balik perubahan warna ikan medaka.

Hasil dari eksperimen menunjukkan bahwa ikan jantan saling menyerang meskipun tidak ada ikan betina di dalam tangki yang sama. Selain itu, jumlah serangan oleh ikan jantan dengan tanda hitam jauh lebih banyak daripada ikan jantan tanpa tanda hitam. Hal ini menunjukkan bahwa ikan dengan tanda hitam lebih agresif dibandingkan dengan ikan tanpa tanda hitam dan lebih menjadi sasaran agresivitas ikan jantan lain dengan tanda hitam.

Peneliti Jepang menyimpulkan bahwa serangan antara ikan tersebut disebabkan oleh perebutan makanan, bukan karena berebut pasangan. Ikan jantan dengan tanda hitam adalah yang paling agresif dibandingkan dengan yang lain, dan kemunculan tanda hitam tersebut merupakan sinyal dominan dan kemampuan bertarung.