Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Elon Musk Kehilangan Kekayaannya sebesar Rp 380 Triliun dalam Semalam

Produsen mobil listrik Tesla melaporkan kinerja yang buruk pada kuartal ketiga tahun 2023. CEO dan pendiri Tesla, Elon Musk, pesimis dengan kondisi ekonomi global saat ini.

Harga saham perusahaan tersebut turun hampir 9% pada hari Kamis (19/10) setelah pengumuman tersebut. Musk, yang memiliki sekitar 21% saham Tesla, harus menerima penurunan kekayaan sebesar 10% atau sekitar US$24 miliar (Rp 380 triliun).

Sebanyak 68% dari kekayaan Musk berasal dari kepemilikan saham di Tesla. Penurunan kinerja bisnis Tesla merupakan pukulan bagi orang terkaya di dunia.

Tesla melaporkan pendapatan sebesar US$19,6 miliar pada kuartal ketiga tahun 2023. Angka tersebut turun drastis dibandingkan pendapatan sebesar US$21,3 miliar pada kuartal sebelumnya.

Selain itu, Tesla juga mengumumkan pendapatan sebesar 66 sen per saham, turun dari 91 sen per saham pada periode sebelumnya seperti dilansir dari Forbes pada Jumat (20/10/2023).

Kedua metrik tersebut jauh di bawah harapan investor, menurut laporan dari FactSet. Sebelumnya, investor memprediksi bahwa Tesla akan mencatatkan pendapatan sebesar US$24,2 miliar dan laba sebesar 72 sen per saham.

Para analis mengatakan bahwa salah satu faktor utama penurunan harga saham Tesla adalah pernyataan Musk tentang kondisi ekonomi global dalam rapat investor (earning call).

Dalam kesempatan tersebut, Musk mengatakan bahwa “suku bunga di AS meningkat” dan ia menggambarkan bahwa situasi pasar saat ini menciptakan “iklim ekonomi yang menantang”.

Musk juga mengatakan bahwa kondisi ini memaksa perusahaan untuk menurunkan harga produknya. Selain itu, ia juga memiliki harapan untuk produk baru Tesla yaitu ‘Cybertruck’ yang akan mulai dikirimkan kepada pelanggan pada akhir November mendatang.

Menurut perkiraan dari Forbes, total kekayaan Musk saat ini sekitar US$232,2 miliar. Ia masih tetap menjadi orang terkaya di dunia. [Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Orang Kaya Makin Kaya Berkat AI, Warga Khawatir Menganggur.