Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Huawei Membuat Mobil Listrik China Yang Tidak Tertata

Beberapa produsen mobil listrik (EV) China terpaksa menunda pengiriman unit karena ada kendala produksi. Menurut lima sumber dalam, isu tersebut terkait unit komputasi yang dibuat oleh Huawei.

Dua produsen EV asal China, Changan Auto dan Chery Auto, diketahui merupakan mitra Huawei dalam mengembangkan mobil listrik premium. Dua sumber mengatakan keduanya telah mengeluhkan masalah yang terjadi.

Pihak Huawei dan produsen pun disebut sedang dalam diskusi untuk menuntaskan hambatan produksi tersebut, dikutip dari Reuters, Kamis (1/2/2024).

Unit komputasi Huawei yang dinamai ‘MDC 810’ merupakan tulang punggung untuk sistem bantuan pengemudi super canggih. Raksasa China tersebut berambisi menjadi penyuplai nomor satu untuk software dan komponen mobil listrik.

Menurut sumber lain, isu produksi yang terjadi diakibatkan kelangkaan salah satu komponen di dalam MDC 810. Masalah ini terjadi di tengah keinginan Huawei mengamankan lebih banyak investor untuk unit bisnis Intelligent Automotive Solution (IAS).

Unit bisnis yang sudah berdiri 4 tahun tersebut rencananya akan dipisah (spin-off) menjadi bisnis yang berdiri sendiri. Changan Auto sebelumnya mengemukakan minatnya untuk meraup 40% dari saham perusahaan tersebut.

Huawei, Chery, Seres tidak segera mengomentari kabar ini. Changan meminta konfirmasi ditanyakan ke divisi Avatr, tetapi tidak ada jawaban.

Kendala produksi ini dikatakan berdampak pada tiga model mobil listrik China yang diluncurkan pada kuartal terahir 2023.