Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Peneliti Mengungkap Karakter Investor Kripto: Memiliki Sisi Gelap

Investor aset kripto memiliki “kepribadian gelap”

Investor aset kripto ternyata memiliki kesamaan, yaitu memiliki “kepribadian gelap.” Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat.

Peneliti dari University of Toronto dan University of Miami melakukan studi dengan melibatkan 2.001 responden Amerika pada tahun 2022. Tim peneliti yang terdiri dari Shane Littrell, Casey Klofstad, dan Joseph Uscinski menyebar kuesioner untuk mengetahui kepemilikan aset kripto serta karakter politik, psikologis, dan sosial.

Dari seluruh responden, hanya 30 persen yang mengaku memiliki aset kripto. Kelompok pemilik aset kripto tersebut berasal dari berbagai latar belakang keyakinan politik.

Namun, tim peneliti menemukan kesamaan di antara para pemilik aset kripto. Mereka cenderung memiliki karakter yang “berbeda” dan berada di ekstrem keyakinan tertentu. Para pemilik aset kripto juga ditemukan memiliki kepribadian “gelap” seperti narsistik, psikopat, sadis, dan cenderung menghalalkan segala cara (Machiavellianism).

Menurut para peneliti, skor tinggi dalam skala kepribadian gelap ini menunjukkan bahwa para pemilik aset kripto lebih suka dengan kekacauan (chaos) dibanding orang yang tidak memiliki aset kripto.

Penelitian juga menyoroti aspek yang paling dapat diandalkan untuk memprediksi apakah seseorang memiliki aset kripto atau tidak. Mayoritas pemilik aset kripto merupakan pria yang aktif di media sosial, suka berdebat, dan cenderung tidak suka dengan pemerintahan otoriter.

Hasil penelitian ini memperkuat laporan sebelumnya yang menyatakan bahwa investor kripto tidak memiliki kencenderungan politik atau ideologi tertentu.

Para peneliti berharap temuan mereka dapat membantu otoritas di AS dalam mengatur industri kripto di tengah informasi yang semakin terpecah belah.

“Seiring upaya pemerintah untuk mengatur kripto semakin ketat, bahkan mencoba membentuk sistem mirip mata uang kripto, pemahaman terhadap daya tarik aset kripto semakin penting,” ujar tim peneliti.

Link Video: [Geger! Pencucian Uang Lewat Kripto Kian Ramai](https://cnbcindonesia.com/tech/20240425130405-39-533372/video-geger-pencucian-uang-lewat-kripto-kian-ramai)

**(dem/dem)**