Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Pakar Mengungkap Perubahan Drastis dalam iPhone 16 dan Nasib Apple yang Tak Terduga

Pada akhir tahun 2022, OpenAI meluncurkan ChatGPT yang memicu peningkatan penggunaan kecerdasan buatan (AI), termasuk di ponsel pintar.

Beberapa perusahaan seperti Samsung dan Google telah mengeluarkan smartphone dengan dukungan AI, seperti Galaxy AI dari Samsung dan Pixel 9 dari Google.

Apple baru saja memasuki arena kecerdasan buatan melalui seri iPhone 16 yang dilengkapi dengan Apple Intelligence. Fitur AI ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan dan akan ada di iPhone 16 serta produk Apple lainnya.

Perubahan signifikan terjadi pada iPhone 16 dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, perangkat Apple seperti iPhone 15 Pro, iPad, dan Mac terbaru juga akan memiliki akses ke Apple Intelligence. Namun, model iPhone 15 reguler dan Plus serta yang lebih lama tidak akan mendapatkan fitur canggih ini.

Apple berencana untuk meluncurkan Apple Intelligence secara bertahap, dimulai dengan bahasa Inggris dan mengikuti peraturan AI di beberapa negara, termasuk China.

Meskipun banyak fitur yang diumumkan belum siap saat iPhone 16 diluncurkan, Apple berencana untuk memperkenalkannya secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan.

Sejumlah analis memperkirakan perlu waktu bertahun-tahun bagi Apple untuk menghadirkan ekosistem AI ini kepada sekitar 1 miliar pengguna iPhone.

Apple Intelligence diharapkan dapat meningkatkan minat beli masyarakat. Meskipun survei menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil konsumen tertarik dengan AI, daya tarik AI lebih tinggi di Amerika Serikat dan China.

Apple harus meyakinkan konsumen bahwa Apple Intelligence akan membawa kemudahan dalam penggunaan iPhone, terutama bagi mereka yang tidak terlalu mengerti teknologi baru.

Tantangan besar bagi Apple adalah memperkenalkan Apple Intelligence di pasar global, termasuk di China dan Uni Eropa. Regulasi yang ketat di beberapa negara menjadi halangan bagi Apple.

CEO Apple, Tim Cook, menyatakan bahwa perusahaan sedang berupaya untuk memperkenalkan Apple Intelligence ke pasar global, meskipun masih menghadapi berbagai tantangan.

Dengan peluncuran iPhone 16 dan hadirnya Apple Intelligence, Apple berharap dapat meningkatkan penjualan dan minat konsumen terhadap produk-produk terbarunya.