Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Meskipun Pasar Smartphone Lesu, HP China yang Tidak Terkenal Tetap Tidak Laku

Pasar smartphone sedang mengalami stagnasi. Merek-merek terkenal mengalami penurunan penjualan secara keseluruhan.

Menurut laporan dari firma riset Counterpoint, penjualan ponsel pintar secara global turun 8% dibandingkan tahun sebelumnya pada Kuartal 3 tahun 2023. Ini merupakan penurunan penjualan yang kesembilan kalinya berturut-turut.

Di tengah lesunya pasar ponsel pintar global, beberapa merek asal China yang kurang terkenal justru mengalami pertumbuhan. Honor, Huawei, dan Transsion Group berhasil memperoleh pangsa pasar gabungan sebesar 34%, dengan mencatat pertumbuhan 2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan Huawei didorong oleh peluncuran seri Mate 60 di China, sementara Honor mencatat kinerja yang kuat di luar negeri. Merek-merek Transsion juga terus berkembang dan mendapat manfaat dari pemulihan pasar di Timur Tengah dan Afrika.

Wilayah Timur Tengah dan Afrika adalah satu-satunya wilayah yang mencatat pertumbuhan penjualan dibandingkan tahun sebelumnya pada Kuartal 3, berkat perbaikan indikator makroekonomi. Sebaliknya, pasar di negara maju seperti Amerika Utara, Eropa Barat, dan Korea Selatan mengalami penurunan yang tajam.

Namun, laporan dari Counterpoint memperkirakan bahwa sebagian besar pasar negara maju akan mengalami pertumbuhan pada Kuartal 4, terutama karena adanya penundaan peluncuran iPhone.

Pada Kuartal 3, semua merek berupaya memperkuat posisi mereka di pasar utama seperti China dan India serta melambatkan ekspansi ke pasar luar negeri.

Dalam laporan tersebut, Samsung merupakan merek ponsel teratas secara global, mengungguli pesaingnya, Apple. Samsung berhasil menguasai pangsa pasar global sebesar 20%, meskipun penjualannya mengalami penurunan 13%.

Apple berada di urutan kedua dengan pangsa pasar sebesar 16% dan penjualan turun 9%.

Merek-merek asal China seperti Xiaomi (12%), Oppo (10%), dan Vivo (8%) melengkapi posisi lima besar dalam daftar tersebut. Namun, penjualan mereka juga mengalami penurunan, masing-masing sebesar 15%, 10%, dan 14%.

Setelah bulan September yang menguat, Counterpoint memperkirakan momentum pertumbuhan akan terus berlanjut hingga akhir tahun, terutama dengan peluncuran iPhone 15 dan musim perayaan di India, diikuti oleh acara penjualan 11.11 di China.

Namun, pasar ponsel pintar diperkirakan akan mengalami penurunan sepanjang tahun 2023, mencapai level terendah dalam satu dekade. Hal ini disebabkan oleh perubahan pola penggantian perangkat, terutama di pasar negara maju.

Adanya pemulihan pasar di negara-negara berkembang sebelum pasar global, serta pertumbuhan merek-merek di luar lima besar, menunjukkan adanya pergeseran dinamika dan peluang di pasar ponsel pintar global.