Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Viral! Peringatan Jangan Klik PDF dengan Huruf P Besar, Ini Alasannya

Sebuah pesan yang tersebar mengingatkan adanya modus penipuan baru. Para penipu tidak lagi menggunakan APK, tetapi menggunakan file PDF dengan huruf P besar.

Berikut isi pesan yang tersebar: “Penipuan Model baru, tidak pakai APK lagi. Sekarang udah pake pdf. Jadi yang Harus di Hindari Pdf dgn huruf P besar. Semoga bermanfaat guyss.”

Namun, ternyata pesan tersebut tidak perlu dikhawatirkan oleh pengguna. Ahli keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya menyatakan bahwa pesan tersebut merupakan misinformasi.

Alfons menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan apapun antara file PDF dengan huruf besar maupun kecil. Tidak ada pengaruh huruf tersebut pada Android meski namanya diubah.

Menurut Alfons, “Ini adalah misinformasi. Jadi sebenarnya PDF mau P nya besar atau kecil tidak ada pengaruhnya di Android.” “Ketika APK di-rename jadi PDF di Android, akan menjalankan sebagai Android. Kalau dijalankan akan error dan aman,” tambahnya.

Alfons juga mengingatkan untuk tidak khawatir dengan pesan tersebut. Yang perlu diwaspadai adalah jika ada permintaan untuk menginstall sesuatu dalam perangkat. Jika permintaan tersebut tidak diikuti dengan mematikan pengaturan ‘install from unknown apps’, maka pengguna harus berhati-hati. Alfons menegaskan untuk tidak menginstall apapun dan segera mematikan pengaturan tersebut.