Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Cara Mengenali Tanda-Tanda Whatsapp yang Dibajak dan Langkah-Langkah Mencegahnya

WhatsApp telah menjadi aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika aplikasi ini menjadi target empuk bagi para penjahat dunia maya.

Jika terdapat tanda-tanda di bawah ini pada WhatsApp, Anda harus berhati-hati karena kemungkinan besar akun Anda sedang diretas atau disadap. Penyadapan akun WhatsApp dapat berakibat pada pengosongan rekening secara membabi buta.

Salah satu cara yang sering digunakan dalam penyadapan aplikasi ini adalah dengan mencuri one time password (OTP) yang dikirimkan WhatsApp melalui SMS, terutama ketika ada orang lain yang menggunakan akun Anda di smartphone lain.

Berikut adalah ciri-ciri akun Anda telah disadap oleh pihak lain, diambil dari berbagai sumber oleh CNBC Indonesia.

1. OTP
Salah satu tanda penyadapan adalah jika korban menerima pesan berisi One Time Password (OTP) melalui SMS. Kode enam digit ini adalah pintu masuk untuk mengakses WhatsApp. OTP akan diberikan ketika ada yang mencoba masuk ke akun WA. Jangan pernah memberikan kode tersebut kepada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp
Ciri lainnya adalah keluar secara otomatis dari WhatsApp. Namun, Anda dapat melihat jika ada perangkat lain yang mengakses akun dengan menekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi. Pilih mode WhatsApp Web untuk melihat perangkat yang sedang menggunakan akun tersebut.

3. Pesan Telah Terbaca
Jika ada pesan yang terbaca padahal Anda belum membacanya, itu juga merupakan tanda bahwa akun WhatsApp Anda telah disadap.

4. Pesan Terkirim Sendiri
Jika ada pesan yang terkirim tanpa Anda mengirimnya, ini bisa menjadi pertanda bahwa akun WhatsApp Anda telah diretas. Tingkatkan kewaspadaan Anda.

Untuk mencegah akun WhatsApp Anda diretas, Anda dapat mengaktifkan fitur two step verification di WhatsApp. Fitur ini akan memberikan kesulitan bagi pelaku untuk mengakses akun WhatsApp Anda, karena mereka tidak akan tahu PIN two step verification Anda.

Caranya adalah:
1. Klik ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.
2. Pilih Settings.
3. Masuk ke pengaturan Account.
4. Pilih Two-step verification.
5. WhatsApp akan meminta Anda untuk mengaktifkan two-step verification dengan PIN. Klik Enable untuk mengaktifkan fitur.
6. Buat PIN enam digit sesuai keinginan Anda.
7. Selanjutnya, Anda diminta untuk memasukkan alamat email terkait dengan akun WhatsApp untuk keperluan jika ingin mengganti PIN.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencegah akun WhatsApp Anda dari diretas dan disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.