Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

5 Kota Paling Cerdas di Asia Tenggara, Jakarta Salah Satunya.

Jakarta, CNBC Indonesia – Peringkat Jakarta di daftar kota paling pintar merosot. Kini, ada di luar 100 besar kota paling pintar di dunia.

IMD Smart City Index 2024 menempatkan Singapura, Kuala Lumpur, dan Bangkok sebagai tiga kota paling pintar di Asia Tenggara. Hanoi mengikuti di posisi keempat dan Jakarta kelima.

Peringkat tersebut disusun berdasarkan hasil survei Smart City Index yang dilakukan oleh Institute Management and Development atas 142 kota di seluruh dunia.

Hasil survei IMD mengungkapkan tiga permasalahan utama yang dihadapi Jakarta dan harus segera diselesaikan yaitu polusi udara, kemacetan lalu lintas, dan korupsi. Di sisi lain, warga Jakarta memberikan apresiasi terhadap kinerja angkutan umum, pelayanan kesehatan online, dan portal pencarian kerja online.

“Laporan tahunan SCI dirilis untuk membantu pemerintah kota dalam membangun kota masa depan yang tangguh dan mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman,” kata Bruno Lanvin, Presiden Smart City Observatory.

Peringkat smart city Asia Tenggara

IMD Smart City Index 2024 juga melaporkan peringkat sejumlah kota di Asia Tenggara.

1. Singapura peringkat 5 naik 2 peringkat.
2. Kuala Lumpur, Malaysia, peringkat 73, naik 16 peringkat.
3. Bangkok, Thailand, peringkat 84, naik 4 peringkat.
4. Hanoi, Vietnam, peringkat 97, naik 3 peringkat.
5. Jakarta, Indonesia peringkat 103 turun 1 peringkat.

20 Kota paling pintar di dunia

Secara global, Eropa dan Asia mendominasi daftar 20 kota terpintar di dunia. Menariknya, tahun ini kota-kota di Amerika Utara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada, tidak masuk dalam 20 besar.

Lebih lanjut Lanvin menyoroti kesamaan antara para kota pintar yang berhasil berada di urutan teratas dunia ini, “mereka secara proaktif meningkatkan kualitas hidup warganya dengan menyediakan layanan publik yang baik, ruang hijau, acara budaya dan sosial, serta mempromosikan kesetaraan dan inklusi.”

Daftar 20 kota terbaik versi IMD SCI 2024 adalah:

1. Zürich, Swiss
2. Oslo, Norwegia
3. Canberra, Australia
4. Jenewa, Swiss
5. Singapura, Singapura
6. Kopenhagen, Denmark
7. Lausanne, Swiss
8. London, Inggris
9. Helsinki, Finlandia
10. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
11. Stockholm, Swedia
12. Dubai, Uni Emirat Arab
13. Beijing, China
14. Hamburg, Jerman
15. Praha, Republik Ceko
16. Taipei, Taiwan
17. Seoul, Korea Selatan
18. Amsterdam, Belanda
19. Shanghai, China
20. Hong Kong, China

Survei IMD juga meliputi dua kota lain di Indonesia yaitu Medan dan Makassar. Medan ada di peringkat 112, sedangkan Makassar di peringkat 115.

Exit mobile version