Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Pertamina’s 14th Innovation Event Officially Launched

Pertamina’s 14th Innovation Event Officially Launched

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina (Persero) mengadakan kegiatan tahunan Annual Pertamina Quality (APQ) Awards ke-14 tahun 2024, dengan tema Innovate Endlessly for Excellent Sustainability. APQ Awards adalah acara penghargaan bagi pejabat Pertamina yang menciptakan inovasi dan memberikan dampak bagi perusahaan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengapresiasi konsistensi APQ Awards yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2010.

“APQ Awards bukan hanya ide yang berhenti di kertas, tapi diukur berdasarkan inovasinya dan dampak yang dihasilkannya,” kata Nicke dalam keterangan tertulis, Senin (3/6/2024).

Menurut Nicke, beberapa hasil dari mengikuti APQ Awards adalah Pertamina memiliki alat ukur dari sisi keuangan di mana tim cost optimization melakukan validasi lebih lanjut dari inovasi hingga menciptakan value creation.

“Hasilnya berupa cost efficiency, cost avoidance, revenue enhancement, dan akhirnya kita dapat melihat bagaimana Pertamina diakui sebagai perusahaan satu-satunya yang masuk dalam Fortune Global 500. Ini adalah salah satu hasil dari sisi keuangan,” jelas Nicke.

Nicke melanjutkan, hasil lainnya adalah sisi keberlanjutan yang menjadi kebanggaan Pertamina dalam kinerja ESG (Environmental, Social, and Governance) menduduki peringkat pertama secara global untuk sub-sektor perusahaan minyak dan gas.

“Pertamina membalikkan persepsi bahwa bisnis minyak dan gas identik dengan emisi karbon. Program dekarbonisasi Pertamina sudah maju dan dijalankan di seluruh rantai bisnis yang diakui secara global,” tambah Nicke.

Direktur SDM Pertamina Erry Sugiharto mengatakan bahwa APQ adalah penghargaan bagi pejabat Pertamina yang telah menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Inovasi menjadi kunci transformasi, energi untuk menciptakan perubahan, solusi untuk mengatasi masalah, dan modal untuk bersaing.

“Inovasi adalah hal yang penting. Perusahaan menyediakan ekosistem dan tempat bagi pejabat untuk mengekspresikan inovasi mereka,” jelas Erry.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan bahwa APQ Awards adalah acara tahunan yang berjalan sejak tahun 2010. Terdapat 10 kategori dan pemenangnya akan diumumkan pada 6 Juni 2024.

“Dari 4.465 peserta tahun 2023, terpilih 156 program terbaik dari berbagai entitas, dengan nilai kreasi hingga sekitar 48 triliun (tanpa audit),” jelas Fadjar.

Dalam APQ Awards 2024, terdapat 10 kategori, antara lain The Best Quality Board, The Best Business Performance Excellence, The Most Productive CIP’er, The Best Quality Agent, The Best KOMET Influencer, The Best Value Creation Achievement, The Best Category Achievement, The Most Productive Replicated Innovation, The Best System Assurance, dan Sustainability Excellence for Operational Unit.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Merah Putih Fund Ajak Lebih Banyak Investor Gabung, Ini Keuntungannya

(dpu/dpu)

Exit mobile version